Senin, 18 April 2011

SATUAN ACARA PENYULUHAN


“GANGGUAN PROSES PIKIR : FLIGHT OF IDEAS”


I.             PENGKAJIAN

A.    Pengkajian Faktor Predisposisi
1.      Riwayat Keperawatan
Tn. F berusia 30 th, saat ini sedang mengalami gangguan proses pikir : Flight of Ideas akibat psikosa. Tn. F dibawa ke rumah sakit oleh bapaknya karena pada tanggal 13 Juli yang lalu dirinya suka berteriak-teriak, mengamuk dan memecahkan barang-barang di rumahnya. Kemudian Tn. F menjalani perawatan di ruang XII dan mendapatkan therafi : Haloperidol 5 mg, THF 2 mg, CPZ 100 mg dan vit B complek. Masalah yang ada pada Tn F sekarang adalah
2.      Keadaan fisik Tn F secara umum baik. Hasil pemeriksaan fisik adalah:
TD    : 120/80 MmHg                           TB    :
N       : 80 x/menit                                 BB    :
R       : 20 x/menit
S       : 360 C


3.      Kesiapan Belajar
Pengetahuan tuan F tentang gangguan proses pikir masih kurang, karena belum pernah mendapatkan informasi tentang penyakitnya secara lengkap. Tn F dapat berkomunikasi menggunakan bahasa verbal dan mampu berbahasa Indonesia dengan lancar.
4.      Motivasi Belajar
Motivasi Tn F untuk belajar dan keinginannya untuk mengetahui cukup kuat dengan mengatakan “ingin tahu tentang penyakitnya”.
5.      Kemampuan Membaca
Tn F memiliki kemampuan membaca dan menulis.

B.     Pengkajian Faktor Pemungkin
Untuk memberikan penkes dengan baik kepada Tn F yang mengalami gangguan proses pikir: Flight of Ideas, mahasiswa telah mempunyai keterampilan karena telah sering melakukan pelatihan. Untuk hal tersebut alat bantu penyuluhan berupa leaf let.

C.     Pengkajian Faktor Penguat
Tn F mengatakan bahwa dirinya berpendidikan SMA meskipun hanya sampai kelas II dan dirinya mengatakan mau menerima penyuluhan dan pengarahan yang diberikan padanya.

II.           DIAGNOSA KEPERAWATAN

Kurang pengetahuan klien tentang penyakitnya.

III.        PERENCANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN

A.    Rencana Pembelajaran Tn F
Dx keperawatan : kurang pengetahuan klien tentang penyakitnya
1.      Tujuan Pembelajaran
a.       Tujuan Umum
Setelah mendapatkan penkes, klien mampu mengenal dan mengetahui tentang gangguan proses pikir: Flight of Ideas (pengertian, tanda gejala dan cara menghindarinya).
b.      Tujuan Khusus
Setelah menerima penyuluhan kesehatan selama 7 menit, klien mampu:
1)             Menjelaskan pengertian gangguan proses pikir: Flight of Ideas
2)             Menyebutkan tanda-tanda Flight of Ideas
3)             Menjelaskan penyebab Flight of Ideas
4)             Menjelaskan cara menghindari Flight of Ideas
2.      Materi Belajar
a.       Pengertian gangguan proses pikir Flight of Ideas
b.      Tanda-tanda gangguan proses pikir Flight of Ideas
c.       Penyebab Flight of Ideas
d.      Cara menghindari Flight of Ideas
3.      Metoda Belajar
Menggunakan metoda diskusi
4.      Alat Bantu Belajar
Leaflet yang berisi tentang pengertian, tanda-tanda, penyebab dan cara menghindari Flight of Ideas, serta halaman terakhir yang berisi pertanyaan evaluasi.
5.      Evaluasi Belajar
Evaluasi belajar akan dilaksanakan pada akhir proses penyuluhan. Cara yang akan dilakukan adalah dengan cara mengajukan pertanyaan lisan.
a.       Apa yang dimaksud Flight of Ideas
b.      Apa tanda-tanda Flight of Ideas
c.       Apa penyebab Flight of Ideas
d.      Bagaimana cara menghindari Flight of Ideas








MATERI PENYULUHAN
“GANGGUAN PROSES PIKIR : FLIGHT OF IDEAS”

A.    Pengertian

Flight of Ideas atau pikiran melayang adalah pembicaraan yang meloncat-loncat dari satu topik ke topik lainnya. Masih ada hubungan yang tidak logis dan tidak sampai pada tujuan (BA. Keli at SKP: 50)

B.     Tanda-tanda Flight of Ideas

-          Meloncat-loncat topik pembicaraan
-          Hubungan setiap topik pembicaraan tidak ada hubungan logis
-          Pembicaraan tidak sampai pada tujuan

C.    Penyebab

-          Timbulnya suatu ide yang muncul secara bersamaan
-          Melamun
-          Halusinasi

D.    Cara Menghindari

-          Mencoba menuliskan ide-ide yang ada ke dalam sebuah tulisan
-          Hindari pembicaraan yang mendominasi
-          Berkomunikasi dua arah secara aktif
  1. Pertanyaan Bahan Evaluasi
1.       Apa yang dimaksud dengan Flight of Ideas?
2.       Apa tanda-tanda Flight of Ideas?
3.       Apa penyebab Flight of Ideas?
4.       Bagaimana cara menghindari Flight of Ideas?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar