Senin, 18 April 2011

CAIRAN DAN ELEKTROLIT


 


A.     KONSEP CAIRAN DAN ELEKTROLIT

1.      Pengertian
Cairan dan elektrolit adalah cairan yang ada didalam komponen tubuh yang berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan didalam tubuh untuk kelangsungan hidup organ-organ yang ada di dalam tubuh.

a.      Elektrolit
adalah suatu komponen dari zat kimia yang menghasilkan partikel-partikel yang bermuatan kation atau anion jika berada dalam suatu larutan. Air merupakan zat komponen atau zat pelarut, sedangkan elektrolit merupakan zat yang terlarut. (Dasar-dasar ilmu keperawatan).

Elektrolit adalah garam yang terurai didalam air menjadi satu atau lebih partikel yang bermuatan ion Na, K, Ca, Mg, dan Cl.

Non elektrolit adalah zat terlarut yang tidak terurai di dalam larutan dan tidak bermuatan listrik (protein, glukosa, dan ureum).

b.      Cairan tubuh
Cairan adalah larutan yang terdiri dari air dan zat terlarut (Dasar-dasar Ilmu Keperawatan).

Cairan di dalam tubuh dibagi kedalam dua komponen besar yaitu cairan intraseluler (ICF) dan cairan ekstraseluler (ECF).Cairan intrasel disebut juga cairan sel ditemukan dalam tubuh antara 2/3-3/4 dari total cairan tubuh dan 70% dari total berat badan.

Cairan ekstrasel ditemukan di luar sel. Cairan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu cairan intravaskuler dan cairan interstitial. Cairan intravaskuler disebut juga darah dan cairan interstitial ditemukan diantara sel-sel cairan serebrospinal, pleura, peritonial, dan cairan sinovial juga termasuk ke dalam cairan ekstraseluler.

Cairan yang masuk ke dalam tubuh dimetabolisme dengan berbagai metode pergerakan yaitu difusi, osmosis, dan transfort aktif. Filtrasi semuanya ini terjadi di dalam sistem vaskularisasi dan arteriola venula.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar